- 1. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF Oleh TIM PLPG 2013 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN RADEN INTAN LAMPUNG
- 2. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan
- 3. PAIKEM cara dan seni menggunakan sumber daya seoptimal mungkin dalam lingkungan pembelajaran yang diciptakan secara kondusif untuk membelajarkan siswa sehingga ia memperoleh pengalaman belajar yang efektif
- 4. 1. Interaktif yang ditandai dengan adanya dialog antara siswa dengan siswa dan dialog antara siswa dengan guru 2. Mendorong setiap untuk ikut aktif memberi pendapat 3. Mendorong setiap siswa untuk ikut berbuat 4. Mendorong setiap siswa untuk ikut aktif mencari sumber. 5. Mendorong kompetisi antarsiswa 6. Mengundang siswa untuk terlibat penuh 7. Membangkitkan gairah belajar siswa
- 5. Kita Saksikan Video Guru Mengajar Video 1 Video 2
- 6. EVERYONE IS A TEACHER HERE 1. 2. KUMPULKAN KERTAS –KERTAS TSB, DIADUK DAN DIBAGIKAN KEMBALI KPD MASING- MASING SISWA/MHS. 3. MINTA MEREKA MEMBACA (DLM HATI) PERTANYAAN YANG DIDAPAT DAN SURUH FIKIRKAN JAWABANNYA. 4. UNDANG VOLUNTER UNTUK MEMBACA PERTANYAAN SERTA MEMBERIKAN JAWABAN TERHADAP PERTANYAAN. 5. 6 BAGIKAN KERTAS KPD SISWA/MHS DAN MINTALAH MEREKA UNTUK MENULISKAN TTG MATERI PELAJARAN YANG TELAH ATAU SDG DIPELAJARI, ATAU TOPIK KHUSUS YANG INGIN MEREKA DISKUSIKAN DALAM KELAS LAKUKAN KLARIFIKASI.
- 7. THE POWER OF TWO 1. AJUKAN PERTANYAAN YG MEMBUTUHKAN PERENUNGAN DAN PEMIKIRAN 2. MINTA MEREKA MENULISKAN JAWABANNYA DI KERTAS SECARA PERORANGAN. SETIAP PASANGAN DIMINTA UTK SALING MENJE LASKAN JAWABAN MASINGMASING, KEMUDIAN MENYUSUN JAWABAN BARU YG DI SEPAKATI 5. 3. MINTA MEREKA BERPASANGAN 7 4. SURUH MASING – MASING PASANGAN MEMBANDINGKAN JAWABANNYA DGN PASANGAN LAIN 6. Klarifikasi Dosen.
- 8. CARD SORT 1. 2. MINTA MEREKA UNTUK MENCARI DAN MENEMUKAN KARTU DALAM KATAGORI YANG SAMA PADA TEMANNYA. 3. SISWA DENGAN KATAGORI YANG SAMA DIMINTA UNTUK MEMPRESENTASIKAN KATAGORI MASING-MASING 4. 8 BAGIKAN KEPADA SISWA POTONGAN KERTAS YANG BERISI INFORMASI ATAU CONTOH DLM SATU KATAGORI ATAU LEBIH. SEIRING DENGAN PRESENTASI TERSEBUT, BERIKAN PENJELASAN POIN-POIN PENTING TERKAIT MATERI PELAJARAN YANG DIAJARKAN.
- 9. 1. SNOW BALLING DIAJARKAN. SAMPAIKAN TOPIK MATERI YANG AKAN 2. 3. GABUNGKAN MASING-MASING PASANGAN DGN PASANGAN YANG LAIN UNTUK MENDISKUSIKAN JAWABAN YG ADA 4. MINTALAH PASANGAN TESEBUT UNTUK MEMBUAT JAWABAN BARU UNTUK SETIAP PERTANYAAN. 5. LANJUTKAN PENGEMBANGAN PASANGAN TERSEBUT SESUAI JUMLAH SISWA DAN WAKTU YG TERSEDIA 6. MASING-MASING KELOMPOK DIMINTA MENYAMPAIKAN DIDEPAN KELAS 7. 9 MINTA MEREKA UNTUK BERPASANGAN DAN MENJAWAB PERTANYAAN. SETELAH MEMBANDINGKAN JAWABAN YANG ADA, GURU MEMBERIKAN ULASAN DAN PENJELASAN SECUKUPNYA
- 10. LEARNING STARTS WITH A QUESTION 1. 2. MINTA MEREKA UNTUK MEMPELAJARI BAHAN TSB BERSAMA TEMAN. 3. SISWA ATAU MAHASISWA MENENTUKAN BAGIAN YANG BELUM DIMENGERTI DAN DIBERI GARIS BAWAH /MENULISKAN PERTANYAAN 4. 10 BAGIKAN BAHAN BELAJAR YANG ANDA PILIH KEPADA SISWA/MHS. KUMPULKAN SEMUA PERTANYAAN, DAN ANDA MEMULAI KBM DENGAN MENJELASKAN HAL – HAL YANG MEREKA TANYAKAN.
- 11. INFORMATION SEARCH 2. SUSUNLAH SEJUMLAH PERTANYAAN YANG JAWABANNYA BISA DICARI PADA RESOURCE/PERPUSTAKAAN. 3. MINTALAH MHS MENJAWAB PERTANYAAN TSB, BISA SECARA INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK KECIL. KRN KOMPETISI ANTAR KELOMPOK DAPAT DICIPTAKAN UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI. 1. UNTUK MENUMBUHKAN PERSAINGAN SECARA SEHAT, BAGI MHS KEDALAM BEBERAPA KELOMPOK KECIL. 11 4. SETELAH SELESAI, BAHAS JAWABAN SECARA BERSAMA DALAM SEBUAH DISKUSI KELAS. KEMBANGKAN JAWABAN TERSEBUT UNTUK MEMPERLUAS CAKUPAN BELAJAR.
- 12. READING GUIDE 1. TENTUKAN TOPIK 2. BAGIKAN BAHAN BACAAN 3. BAGIKAN PANDUAN PERTANYAAN 4. MINTA MAHASISWA MENJAWAB PERTANYAAN YANG DIAJUKAN 5. DISKUSIKAN JAWABAN DARI MAHASISWA 6. KLARIFIKASI 12
- 13. POINT COUNTER POINT 1. PILIH SATU TOPIK YANG MEMPUNYAI DUA PERSPEKTIF (SUDUT PANDANG) ATAU LEBIH 2. BAGI KELAS MENJADI BEBERAPA KELOMPOK SESUAI DGN JUMLAH PERSPEKTIF (SUDUT PANDANG) YANG ADA 3. PASTIKAN BAHWA MASING-2 KLPK DUDUK PADA TEMPAT YG TERPISAH 4. BERI WAKTU KPD MASING-MASING KELOMPOK UTK MENYAMAKAN VISI DAN MENYIAPKAN ARGUMEN SESUAI PANDANGAN KLP YANG DIWAKILI. 5. MULAI PERDEBATAN ATAU DISKUSI DGN MEMPERSILAHKAN SALAH SATU KLP MENGEMUKAKAN PANDANGANNYA. 6. UNDANG ANGGOTA KELOMPOK YANG LAIN UNTUK MENYAMPAIKAN PANDANGAN YANG BERBEDA. BEGITU SETERUSNYA. 7. BERI KESIMPULAN, KLARIFIKASI ATAU MENCARI TITIK TEMU DARI 13 BERBAGAI ARGUMEN YANG MUNCUL.
- 14. CRITICAL INCIDENT 1. 2. 1. Sampaikan kepada siswa topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini 2. Berilah kepada mereka kesempatan beberapa menit untuk mengingat-ingat pengalamannya yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada 3. Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan 4. Sampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan dgn cara mengaitkan siswa tsb. 14
- 15. QUESTION STUDENT HAVE 1. BAGIKAN SECARIK KERTAS KEPADA MAHASISWA. 2. SETIAP MAHASISWA DIMINTA UNTUK MENULISKAN PERTANYAAN TENTANG MATERI PERKULIAHAN. 3. EDARKAN KERTAS TERSEBUT SEARAH JARUM JAM, KETIKA SETIAP KERTAS TSB DIEDARKAN KEPADA MAHASISWA BERIKUTNYA, DIA HARUS MEMBACA DAN MEMBERIKAN TANDA CEK ( V) PADA KERTAS YG BERISI PERTANYAAN YANG JUGA MENJADI PERHATIAN PEMBACANYA. 4. KETIKA MASING – MASING KERTAS SUDAH KEMBALI KE PEMILIKNYA, KEMUDIAN IDENTIFIKASI PERTANYAAN YANG MENERIMA PALINNG BANYAK TANDA CEK, RESPONLAH PERTANYAAN INI. 5. MINTALAH SECARA SUKARELA BERBAGI PENJELASAN TENTANG PERTANYAAN MEREKA SEKALIPUN TIDAK MENERIMA TANDA CEK TERBANYAK. 6. KUMPULKAN KERTAS TSB, KARENA MUNGKIN ADA PERTANYAAN YANG DPT 15 DIRESPON PADA PERKULIAHAN YANG AKAN DATANG.
- 16. INDEX CARD MATCH MINTA MHS / SISWA MENCARI PASANGAN KARTU YANG COCOK ANTARA PERTANYAAN DAN JAWABANNYA. 16 BAGIKAN INDEX CARD YANG BERISI JAWABAN DAN PERTANYAAN DENGAN JUMLAH YG SEIMBANG MINTA MEREKA UNTUK MENGEMUKAKAN INDEX CARD YANG TELAH DICOCOKKAN KLARIFIKASI
- 17. Kitaaa Nyanyi Dulu Yok..... KISAH SEDIH DI SEKOLAH Resah dan gelisah Malu aku malu Belajar tak betah Ia ngajar masih begitu Bosan dan menjenuhkan Padahal tlah ditatar anak terlihat pasif Uang banyak keluar. Guru aktif ceramah, Seakan cuek saja Siswa duduk dengarkan Ogah pembaharuan Sungguh sangat membosankan Gini pun lulus jawabnya
- 18. Sungguh aneh tapi nyata Di negri sana Cara ngajar tak berubah sejak zaman abah Pada siapa minta bantu Untuk meningkatkan mutu Proses belajar mengajar Yang kembangkan bakat siswa Proses belajar mengajar Aktif, kreatif dan menyenangkan
- 19. TANDA BARU Tak sengaja lewat depan kelasmu Ku melihat ada tanda baru Di hiasi gambar dan puisi Hati bertanya hasil karya siapa Kupercaya hasil siswa kreatif Telah diajar guru yang inovatif Yang membuat siswa menjadi aktif Sehingga kelas menjadi aktraktif
- 20. Tanpa menunggu perintah dari atasan Kau coba ide tanpa menjadi beban Tanpa bicara kau buat siswa ceria Kau ubah kelas agar jadi semarak Kau yakin itu sepenuh hati Untuk membangun generasi nanti
- 21. POSTER SESSION 1. Dosen/Guru menyampaikan topik/materi 2. Dosen/guru mengelompokkan mhs/siswa 3. Mintalah mereka untuk mendiskusikan topik yang sedang dipelajari 4. Mintalah mhs/siswa untuk mempersiapkan visualisasi pada karton / kertas 5. Masing – masing kelompok mempresentasikan visualisasi dari topik yang yang dipelajari 6. Guru / dosen mengklarifikasi 21
- 22. POSTER COMMENT Pilihlah sebuah gambar atau poster yang ada kaitannya dengan topik bahasan yang akan dibahas Mintalah siswa untuk mengamati terlebih dahulu gambar atau poster tersebut 22
- 23. POSTER COMMENT (Lanjutan) Mintalah mereka untuk berdiskusi secara berkelompok, kemudian mereka diminta memberikan komentar atau pendapat tentang gambar atau poster tersebut Siswa diminta untuk meberikan solusi atau rekomendasi berkaitan dengan gambar atau poster tersebut. 23
- 24. JIGSAW LEARNING 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 24 Pilih materi kuliah yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Bagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen materi yang ada. Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi kuliah yang berbeda. Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok yang lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya. Minta kepada salah seorang anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kembalikan suasana kelas seperti semula kemudian tanyakan sekiranya masih ada persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok. Lakukan klarifikasi.
- 25. SYNERGETIC TEACHING 1. BAGI KELAS MENJADI DUA 2. PINDAHKAN SATU KELOMPOK KE RUANGAN YANG LAIN UNTUK MEMBACA TOPIK YG AKAN DIAJARKAN 3. PD WAKTU YANG SAMA, SAMPAIKAN MATERI KEPADA KELOMPOK KEDUA DG TEKHNIK CERAMAH 4. PERTEMUKAN MASING – MASING KELOMPOK DENGAN ANGGOTA KELOMPOK YANG LAIN DAN SURUH MEREKA MEMBUAT REKAPITULASI DARI APA YANG BARU SAJA MEREKA PELAJARI 5. LAKUKAN KLARIFIKASI. 25
- 26. MEMORY MATRIX DAMPAK STRESS DAMPAK FISIK 26 DAMPAK KMAMPUAN BERFIKIR DAMPAK EMOSI DAMPAK PERILAKU
- 27. FIRING LINE 1. PILIH TOPIK YANG DAPAT DISAMPAIKAN DALAM 3 TOPIK 2. BAGI MAHASISWA MENJADI TIGA KELOMPOK 3. JELASKAN FORMAT SESI YANG AKAN DISAMPAIKAN, DAN MULAI PENYAMPAIAN MATERI. BATASI SAMPAI 10 MENIT 4. MINTALAH TIM A , B, DAN C UNTUK MEMBUAT SOAL DAN JAWABAN RINGKAS. QUIZ DISIAPKAN SEKITAR 5 MENIT, 5. TIM A MEMBERI PERTANYAAN KE TIM B . JIKA TIM B TIDAK DAPAT MENJAWAB QUIZ , PERTAYAAN PINDAH KE TIM C 6. TIM A MEGAJUKAN PERTAYAAN BERIKUTNYA KE TIM C DAN ULANGI PROSES NO. 5. 27
- sumber: http://www.slideshare.net/Syechh/4-penerapan-strategi-pembelajaran-aktif
Jumat, 18 April 2014
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Presentation Transcript
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
- Ajian (32)
- Amalan (81)
- Analisi/Prediksi/Soal SKL 02 Mikro Organisme (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 01 Keanekaragaman (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 03 Hewan (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 03 Tumbuhan (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 04 Ekologi (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 05 Jaringan (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 05 Sel (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 06 Darah (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 06 Gerak (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 07 Pertumbuhan (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 08 Metabolisme (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 09 Hereditas (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 10 Mutasi (1)
- Analisis/Prediksi/Soal SKL 11 Bioteknologi (1)
- Asma (5)
- Asmak (7)
- Biologi SMP IX (5)
- Biologi SMP VII (6)
- Biologi SMP VIII (9)
- Catatan Kelas X 2011 (3)
- Catatan Kelas XII IPA 2011 (6)
- Cerita Sepiritual (50)
- DNA dan Kromosom (1)
- Doa (56)
- Doa-Doa (4)
- efektif (1)
- Hakekat Hidup (29)
- Hikmah Tani (1)
- Hizib (2)
- Ilmu Gaib (115)
- Ilmu Gebal (10)
- Ilmu Kadigjayaan (34)
- Ilmu Tenaga Dalam (14)
- Indra ke6 (14)
- Info Dinas (9)
- Info Hikmah (58)
- Kabar Gaib (64)
- Kelas X.1 (2)
- Kelas X.2 (2)
- Kelas X.3 (2)
- Kelas XI IPA.1 (2)
- Kelas XI IPA.2 (2)
- Kewirausahaan (1)
- Kunci UN Biologi 2011 P12 (1)
- Kunci UN Biologi 2011 P25 (1)
- Kunci UN Biologi 2011 P39 (1)
- Kunci UN Biologi 2011 P46 (1)
- Kunci UN Biologi 2011 P54 (1)
- lingkungan pakem (1)
- makna pakem (2)
- Mantra (5)
- Materi Biologi Kelas X (45)
- Materi Biologi Kelas XI IPA (34)
- Materi Biologi Kelas XII IPA (49)
- Motivasi (6)
- paikem (1)
- pakem (1)
- Penampakan (2)
- Pengasihan (13)
- Pengobatan Sepiritual (19)
- Prediksi UN 2011 (17)
- Rajah (9)
- Serba-Serbi Laduni (59)
- Sholawat (31)
- SKL BIOLOGI (23)
- Soal Bakteri (3)
- Soal Biologi UTS Kelas X (2)
- Soal Biologi UTS Kelas XI IPA (1)
- Soal Biologi UTS Kelas XII IPA (1)
- Soal Ekosistem 1 (1)
- Soal Ekosistem 2 (1)
- Soal Gen (1)
- Soal Genetika (1)
- Soal Imunitas (1)
- Soal Invertebrata (1)
- Soal Invertebrata 2 (1)
- Soal Jaringan (2)
- Soal Keanekaragaman (1)
- Soal Kekebalan (1)
- Soal Metabolisme (2)
- Soal Mutasi (1)
- soal Pertumbuhan dan Perkembangan (1)
- Soal Plantae/ Tumbuhan (2)
- Soal Protista (1)
- Soal Reproduksi (1)
- Soal Sel (2)
- Soal Semester X/1 (1)
- Soal Semester X/2 (1)
- Soal Semester XI/1 (1)
- Soal Semester XII/1 (1)
- Soal Sintesis Protein (1)
- Soal Sistem Ekskresi (1)
- Soal Sitem Regulasi (1)
- Soal UN Cadangan (1)
- Soal UN Paket A (2)
- Soal UN Paket B (2)
- Soal UN Paket C (2)
- Soal UN Paket D (2)
- Soal UN Paket E (2)
- Soal Virus (2)
- Software Pembelajaran (3)
- Stategi belajar (1)
- Tips Spiritual (58)
- Try Out UN Biologi 2011 (21)
- Ulangan KD Biologi (16)
- Wawasan Sepiritual (224)
- Wirid (73)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar